HUBUNGAN ANTARA TRIASE DAN KONDISI OVERCROWDED DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI IGD

  • Ali Yahya Institut Citra Internasional
  • Rizky Meilando Institut Citra Internasional
  • Kgs. M. Faizal Institut Citra Internasional
Keywords: Kepuasan Keluarga Pasien, Kondisi Overcrowded, Triase

Abstract

Instalasi Gawat Darurat (IGD) merupakan bagian dari rumah sakit dimana salah satu tugasnya melakukan pertolongan pertama pasien berdasarkan triase. Triase adalah tindakan memilah pasien yang dilakukan di IGD berdasarkan prioritas kegawatdaruratannya, peningkatan jumlah kunjungan pasien yang melebihi kapasitas IGD menimbulkan kondisi overcrowded sehingga berdampak triase yang tidak tepat dan menurunnya tingkat kepuasan keluarga pasien dalam menerima pelayanan di IGD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara triase dan kondisi overcrowded dengan kepuasan keluarga pasien di IGD. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Pelnellitian ini dilakulkan di rulang IGD pada tanggal 25 Julni - 06 Julli 2024. Populasi popullasi yang diambil adalah kellularga pasieln yang melnelmani pasieln belrobat di rulang IGD selbanyak 2.241 orang. Cara menentukan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Slovin didapatkan 107 Responden. Tehnik sampling penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner terdiri dari karaktelristik relspondeln (umur, jenis kelamin), NElDOCS (National Elmelrgelncy Delpartmelnt Ovelrcrowding Scalel), kelpulasan kellularga pasieln dan lelmbar obselrvasi triase. Analisis penelitian berdasarkan analisa univariat dan analisa bivariat uji statistik chi square. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan antara triase (p-value=0,000) dan kondisi overcrowded (p-value=0,016) dengan kepuasan keluarga pasien di IGD RSUD Depati Bahrin Sungailiat Tahun 2024. Diharapkan bagi institulsi kelselhatan ulntulk dapat melmpelrhatikan telntang melmaksimalkan lagi prioritas pelnanganan pasieln pada saat triasel selrta pelnelmpatan triasel selsulai delngan warna telmpat triasel selrta melmpelrhatikan dan melnangani masalah kondisi ovelrcrowdeld yang selring telrjadi di IGD.

References

American College Emergency Physicians (ACEP) Violence in the Emergency Department, 2022

Aprillia, M., Afiani, N., Apriyanto, F. (2021). Hubungan Respon Time Perawat terhadap Kepuasaan Keluarga Pasien di Instalasi Gawat Darurat. Media Husada Journal of Nursing Science. Vol 2(No1), 1-6

Ellbrant, J., Åkeson, J., Sletten, H., Eckner, J., & Karlsland Åkeson, P, 2020, Adjacent Primary Care May Reduce Less Urgent Pediatric Emergency Department Visits, Journal of Primary Care and Community Health, 11. https://doi.org/10.1177/2150132720926276

Fatahilah, C. (2023). KAJIAN MANAJEMEN KAPASITAS DENGAN PENDEKATAN NEDOCS DI IGD RSUD SEKARWANGI KABUPATEN SUKABUMI. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(5), 1125-1146.

Hansyia, A. (2021). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN RAWAT INAP TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT.

Herlambang, S., & Murwani, A. (2019). Manajemen Kesehatan dan Rumah Sakit. Jakarta: Gosyen Publishing.

Kemenkes, R. I. (2018). Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2018. Jakarta: Kemenkes RI.

Kundiman, V., Kumaat, L., & Kiling, M. (2019). Hubungan kondisi overcrowded dengan ketepatan pelaksanaan triase di Instalasi Gawat Darurat RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. Jurnal Keperawatan, 7(1).

Lailatul Adita. (2022). GAMBARAN KEPUASAN PASIEN JKN-KIS TENTANG MUTU PELAYANAN DI RUANG RAWAT INAP DI RSU ANWAR MEDIKA SIDOARJO.

Merliyanti, R., Meilando, R., & Agustiani, S. (2024). Faktor–faktor yang Berhubungan dengan Kecemasan Keluarga Pasien di IGD. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 6(1), 227-236.

Mu’ah, S. E. (2021). Loyalitas Pelanggan Tinjauan Aspek Kualitas Pelayanan dan Biaya Peralihan. Zifatama Jawara. Google Scholar

Permenkes. (2018). Peraturan Menkes RI No 47 tentang pelayanan kegawat daruratan.

Perceka, A. L. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Ruangan IGD RSUD Dr. Slamet Garut. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6(2), 270-277.

Prahmawati, P., Rinita, J. A., & Septiasari, Y. (2024). HUBUNGAN KETEPATAN PELAKSANAAN TRIASE DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI RS ASY-SYIFA MEDIKA TULANG BAWANG BARAT. Scientific Journal of Nursing and Health, 2(1), 1-8.

Prakoso, A. B., Kusuma, R. Y., Jamil, S., Alim, S., & Irawan, A. (2023, June). STRATEGI PENGATURAN KETENAGAAN PERAWAT DALAM MENGURANGI OVERCROWDING DI INSTALASI GAWAT DARURAT. In Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (pp. 195-199).

Rekam Medis Rumah Sakit Umum Daerah Depati Bahrin Sungailiat.2021-2023.

Rumampuk, J., & Katuuk, M. E. (2019). Hubungan Ketepatan Triase Dengan Response Time Perawat Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Tipe C. Jurnal Keperawatan, 7(1).

Rohmadoni, D. (2021). GAMBARAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS PACET KABUPATEN MOJOKERTO. 26(2), 173–180. http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf

Setyawan, Febri Endra Budi, & Supriyanto, Stefanus. (2020). Manajemen rumah sakit. Zifatama Jawara. Google ScholarSitorus , A. M. (2020). Peran Perawat Dalam Pengambilan Keputusan Pada Pasien Di Ruang Gawat Darurat. Google Scholar

Subandi, A., & Noerjoedianto, D. (2021). Analisis Overcrowded di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Provinsi Jambi. PERSPEKTIF, 10(2), 475-480.

Suherlan, G., Suryadi, B., & Purnama, A. (2024). Hubungan Implementasi Protokol Triase dan Response Time Terhadap Kepuasan Pasien Di IGD Rumah Sakit PMI Bogor. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 53-68.

Sumarno, Meggy Sukma S., Ismanto, Amatus Yudi, & Bataha, Yolanda B. (2017). Hubungan ketepatan pelaksanaan triase dengan tingkat kepuasan keluarga pasien di instalasi gawat darurat RSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado. JURNAL KEPERAWATAN, 5(1). Google Scholar

Suparyani, S., Suangga, F., & Natalia, S. (2023). Hubungan Waktu Tanggap Dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien Dengan Triase Merah Dan Kuning Di IGD RSUD Kota Tanjungpinang. An-Najat, 1(4), 184-197.

Wahyuni, N. C. (2020). WHO: Dunia Kekurangan 6 Juta Perawat untuk Pasien Corona. Www.Beritasatu.Com.

Yati, R. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KECAMATAN S APE KABUPATEN BIMA.

Zahroh. (2020). Pengetahuan Standart Labeling Triase Dengan Tindakan Kegawatan Berdasarkan Standart Labeling Triase. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 252.

Published
2025-01-31

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.