KETERLIBATAN MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN ONLINE DI UNIVERSITAS YPIB MAJALENGKA
Abstract
Online dan offline merupakan isu yang belakang muncul ke permukaan terutama dalam dunia dunia pendidikan. Kemunculan pandemi covid-19 menjadi pemicu pemerintah memberlakukan pembelajaran yang dilakukan secara daring. Saat itulah muncul beragam tanggapan baik dari para pakar pendidikan, para pendidik baik guru maupun dosesn, terutama dari orang tua dan siswa pada tingkat sekolah dasar dan menengah pertama. Ketersediaan infrastruktur telekomunikasi dan aspek sosial menjadi argumentasi bagi para penentang pembelajaran online, belum lagi dari aspek ekonomi orang tua yang keberatan untuk menyedian smartphone sampai ke pulsa data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran online di Universitas YPIB Majalengka. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang dilakukan pada mahasiswa tingkat III dan IV Universitas YPIB Majalengka. Kuesioner terdiri dari 25 pernyataan yang disusun berdasarkan skala keterlibatan siswa online (Online Student Engagement Scale) yang dikembangkan oleh Marcia D. Dixson. Berdasarkan data hasil survey yang telah diperoleh diketahui bahwa proses pembelajaran yang dilakukan secara online pada mahasiswa menunjunkkan keterlibatan mahasiswa yang cukup baik. Terdapat 4 faktor keterlibatan dalam pembelajaran online, yaitu keterampilan, emosi, partisipasi, dan kinerja. Keterampilan adalah gaya belajar, seperti belajar secara teratur, mendengarkan dan membaca dengan cermat, atau mencatat. Emosi adalah keadaan perasaan tentang belajar, seperti usaha atau keinginan untuk belajar. Partisipasi adalah perilaku dalam kursus, seperti mengobrol, berdiskusi, atau bercakap-cakap. Kinerja adalah suatu hasil, seperti nilai atau mengerjakan ujian dengan baik. Hasil penelitian tingkat keterlibatan mahasiswa ini dapat dijadikan bahan evaluasi untuk pelaksaan pembelajaran pada masa yang akan datang.
References
Agung P, Kaleka MBU, Ngapa YSD. Strategi Pembelajaran Daring Dan Luring Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Viii Smpn 3 Pacar Tahun Ajaran 2020/2021. EDP. 16 Juli 2022;7(1):9–17.
Nurlatifah, Ahman E, Machmud A, Sobandi A. Efektivitas Pembelajaran Online Dan Tatap Muka. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2021;05(1):15–8.
Ambarwati K. Perbandingan Hasil Belajar Online dan Offline pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Kebidanan. 2023;05(03).
Ginting D. Student Engagement and Factors Affecting Active Learning in English Language Teaching. VELES. 28 Oktober 2021;5(2):215–28.
Rapanta C, Botturi L, Goodyear P, Guàrdia L, Koole M. Online University Teaching During and After the Covid-19 Crisis: Refocusing Teacher Presence and Learning Activity. Postdigit Sci Educ. Oktober 2020;2(3):923–45.
Mohammed Nasser Hassan Ja’ashan M. The Challenges and Prospects of Using E-learning among EFL Students in Bisha University. AWEJ. 15 Maret 2020;11(1):124–37.
Nababan G, Purba JEL, Aji KA. Mengukur Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Online Siswa Kelas Vii Di Sekolah Abc Pada Pembelajaran Matematika. jumadika. 18 November 2021;3(2):100–9.
Yuhanna I, Alexander A, Kachik A. Advantages and disadvantages of Online Learning. JEV. 24 Desember 2020;1(2):13–9.
Fredricks J. Measuring student engagement in upper elementary through high school: a description of 21 instruments. IES. 098:1–77.
Hu S, Kuh GD. Being (Dis)Engaged in Educationally Purposeful Activities: The Influences of Student and Institutional Characteristics. Research in Higher Education. 1 Oktober 2002;43(5):555–75.
Dixson MD. Measuring Student Engagement in the Online Course: The Online Student Engagement Scale (OSE). OLJ [Internet]. 30 Juli 2015 [dikutip 11 Maret 2024];19(4). Tersedia pada: https://olj.onlinelearningconsortium.org/index.php/olj/article/view/561
Copyright (c) 2024 Rian Maulana, Eti Wati, Elah Nurlaelah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.