PERAN PRECEPTOR DALAM PENDAMPINGAN MAHASISWA PADA PRAKTIK KLINIK KEPERAWATAN
Abstract
Praktik klinik keperawatan merupakan bagian vital dalam proses pembelajaran, dimana proses ini merupakan bentuk aplikasi teori yang telah diterima oleh mahasiswa pada saat pembelajaran dikelas. Dalam menjalani proses pembelajaran di lahan praktik khususnya Rumah Sakit mahasiswa akan didampingi oleh pembimbing klinik atau biasa disebut preceptor. Peran Preceptor dalam melakukan pendampingan sangatlah beragam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran preceptor dalam mendampingi mahasiswa pada saat pelaksanaan praktik klinik berdasarkan pengalaman. Partisipan pada penelitian ini adalah preceptor yang telah melakukan proses pendampingan pada saat mahasiswa praktik, pengambilan data dilakukan dengan Focus Group Discussion. Analisa data dengan triangulasi data didapatkan tiga tema sebagai peran preceptor berdasarkan pengalaman yang dilakukan adalah sebagai educator, supervisor, role model dan berperan sebagai advokasi. Peran preceptor secara garis besar dalam praktik klinik keperawatan adalah memfasilitasi preceptee untuk mencapai kompetensi yang diharapkan dengan memberikan contoh dalam melakukan asuhan keperawatan langsung pada pasien dengan prinsip praktik yang benar dan aman baik bagi pasien ataupun aman untuk pemberi asuhan dimana dalam praktik klinik adalah preceptor dan preceptee.
References
Astuti, V. W. (2016). KOMPETENSI PEMBIMBING KLINIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KLINIK. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/7815/NASKAH PUBLIKASI.pdf?sequence=9&isAllowed=y
Conway, J., & Elwin, C. (2007). Mistaken, misshapen and mythical images of nurse education: Creating a shared identity for clinical nurse educator practice. Nurse Education In Practice, 7(3), 187–194. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nepr.2006.08.005
Jonsson, S., Muhonen, T., & Stavreski, H. (2021). Preceptorship as part of the recruitment and retention strategy for nurses? A qualitative interview stud. Journal Of Nursing Management, 29(6), 1841–1847. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/jonm.13319
Kereh, H. F., & Rochmawati, E. (2022). Pengalaman Belajar Mahasiswa Keperawatan dalam Praktik Klinik. Journal Of Telenursing, 4(1), 279–288. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joting.v4i1.2745
Nabi Ismail, L. M., Nabil Aboushady, R. M., & Eswi, A. (2015). Clinical instructor’s behavior: Nursing student’s perception toward effective clinical instructor’s characteristics. Journal Of Nursing and Practice, 6(2), 96–105. https://doi.org/https://doi.org/10.5430/jnep.v6n2p96
Nur Aufar, F., Purwandari, R., & Kurniawan, D. E. (2021). Lingkungan Belajar Klinik Di Rumah Sakit: Asesmen Pada Mahasiswa Profesi Ners. Jurnal Ilmu Keperawatan, Journal of Nursing Science, 9(1), 46–54. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.jik.2021.009.01.6
Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional (3rd ed). Salemba Medika.
Padilha, J. M., Ribeiro, A., Rosa, J., Marques, D., & Machado, P. P. (2020). Clinical Virtual Simulation as Lifelong Learning Strategy—Nurse’s Verdict. Clinical Simulation In Nursing, 47, 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ecns.2020.06.012
Tri SUlistowati, M. A., Anu Nono, E., & Karolin, M. (2021). Peran Pembimbing Klinik dalam Praktik Klinik Keperawatan. Jurnal Kesehatan, 10(1), 17.
Tuty Putri, S., Sumartini, S., & Tahmi, U. (2020). PERSPEKTIF MAHASISWA KEPERAWATAN TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN KLINIK DENGAN METODE PEER LEARNING. Jurnal Vokasi Kesehatan, 6(1), 68–75. https://doi.org/https://doi.org/10.30602/jvk.v6i2.552
Copyright (c) 2024 Vitaria Wahyu Astuti, Dyah Ayu Kartika Wulan Sari, Erva Elli Kristanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.