HUBUNGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN SPIRITUAL PASIEN DENGAN LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM NAMIRA

  • Anatun Aupia STIKES Hamzar
  • Maruli Taufandas
  • Dina Alfiana Ikhwani STIKes Hamzar
  • Muh. Jumaidi Sapwal STIKes Hamzar
  • Izzudin Bukhari STIKes Hamzar
Keywords: Kebutuhan Spritualitas, Loyalitas, Pasien, Rumah Sakit

Abstract

Pasien yang sedang mendapatkan perawatan di Rumah Sakit memiliki banyak kebutuhan, salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi adalah kebutuhan spritualitas pasien. Kebutuhan spritualitas mendukung dalam proses kesembuhan pasien, serta untuk meningkatkan layanan perawatan di Rumah Sakit. Dengan memberikan pelayanan spritualitas yang baik, maka pasien akan berkunjung lagi ke Rumah Sakit jika mengalami kondisi sakit, hal ini menjadi cerminan loyalitas pasien kepada Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemenuhan kebutuhan spiritual pasien dengan loyalitas pasien di Rumah Sakit Islam Namira. Jenis penelitian ini merupakan penelitian correlational dengan desain penelitian yang digunakan adalah study cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 177 pasien rawat inap di ruang rawat inap Rumah Sakit Islam Namira. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner skala likert. Pengolahan data dan uji statistik menggunakan uji korelasi spearman rank. Hasil uji statistik dengan metode spearman rank dengan nilai p-value < 0,05 sehingga H1 diterima. Maka hasilnya adalah ada hubungan antara pemenuhan kebutuhan spiritual pasien dengan loyalitas pasien di Rumah Sakit Islam Namira. Ada hubungan pemenuhan kebutuhan spiritual pasien dengan loyalitas pasien di Rumah Sakit Islam Namira.

References

Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Profil Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat 2022. Badan Pusat Statistik. https://ntb.bps.go.id/publication/2023/11/30/84572cc58f0b4ec0916c689f/profil-kesehatan-provinsi-nusa-tenggara-barat-2022.html

Dewi, R. R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna BPJS Dengan Kepuasan pasien Sebagai Variabel Intervening.

Griffin, (2005). Customer Loyalty, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Hasan, Ali. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Buku I, Cetakan ke-dua.

Penerbit : CAPS, Yogyakarta.

Hamid, A. Y. (2009). Bunga Rampai Asuhan Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta : EGC.

Hidayat & Uliyah. (2016). Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar. Jakarta: Salemba Medika

Khoiriyati, A. (2008). Perawatan Spiritual Dalam Keperawatan: Sebuah Pendekatan Sistematik. Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 8(1), 48–51.

Mahary, W., Indupurnahayu, I., & Suherman, S. (2022). Pengaruh Implementasi Standar Akreditasi, Nilai-Nilai Islam Dan Pengalaman Pasien Terhadap Loyalitas Pasien Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 13(3), 434–453.

Potter, P. A., & Perry, A. G. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, Dan Praktik.

Tjiptono, Fandy. (2014), Pemasaran Jasa–Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Utami, D. T., Ahmad, H., & Hilmy, M. R. (2020). Faktor Penentu Loyalitas Pasien di Rumah Sakit. Journal of Hospital Management, 3.

Published
2024-02-05

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.