PENGARUH TERAPI DZIKIR TERHADAP TINGKAT STRESS KORBAN BULLYING VERBAL PADA REMAJA AWAL USIA 12-16 TAHUN DI SMPN 1 KARANG BINTANG KABUPATEN TANAH BUMBU TAHUN 2023

  • Alda STIKES Darul Azhar Batulicin
  • Bayu Purnama Atmaja STIKES Darul Azhar Batulicin
  • Herdy Juniawan STIKES Darul Azhar Batulicin
Keywords: Bullying, Stres, Terapi Dzikir

Abstract

Bullying adalah salah satu tindakan perilaku agresif yang disengaja dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang secara berulang-ulang dan dari waktu ke waktu terhadap seorang korban yang tidak dapat mempertahankan dirinya dengan mudah, dampak negative bullying berupa hambatan dalam mengaktualisasikan diri, gangguan mental dan psikososial . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi dzikir terhadap stress korban bullying verbal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental dengan rancangan Whithout Control Time Series Design. Jumlah sampel dalam penelitian ini 20 responden menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dependen tingkat stress dan variable independen terapi dzikir. Instrument menggunakan SOP Terapi Dzikir dan Koesioner (PSS-10). Analisa yang digunakan kruskal wallis. Hasil uji statistic menggunakan uji kruskal-wallis didapatkan nilai sig (p=0,000) dengan tingkat kepercayaan 100% (α= <0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh terapi dzikir terhadap tingkat stress korban bullying verbal pada remaja awal usia 12-16 tahun di SMPN 1 Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2023. Dari hasil penelitian ini diharapkan pihak sekolah menerapkan terapi religi pada korban bullying secara rutin sebagai pencegahan stress.

References

Agusti, D. (2020). “Dampak Bullying Terhadap Perilaku Siswa Studi Di SMP Negeri 1 Muaro Jambi Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Aini, D. F. N. (2018). “Self Esteem Pada Anak Usia Sekolah Dasar untuk Pencegahan Kasus Bullying”. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. Vol. 6. No. 1, Hal 36-46.

Asturti, D., Hartinah, D., & Permana, D. R. A. (2019). Pengaruh Pemberian Terapi Dzikir Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Post Sc. Jurnal Ilmu Keperawatan dan kebidanan, 10(1), 229-235

Atmaja, B. P. (2019). Pengaruh Brain GYM Terhadap Kemampuan Kognitif Memori Jangka Pendek Pada Anak Tuna Grahita Di SLB Negeri Tanah Bumbu. Jurnal Ilmu Kesehatan, 10, 83-94. Retrieved from http://doi.org/10.35966/ilkes.v10i2.133

Dewi, P. Y. (2020) Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.

Dewy, T. S. (2019). Pengaruh Kombinasi Back Massage dan Terapi Zikir Terhadap perubahan Hemodinamik Pada Pasien Congestive Heart Failure Di RSUD Dr. H. Andi Abdurrahman Noor Tanah Bumbu. 049, 166-181.

Hidayat. (2014a). In Metodelogi Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Hidayat, A. A. (2014b). Riset Keperawatan & Tekhnik Penulisan Ilmiah (edisi 3). Salemba Medika.)

Juniawan, H. (2022). Pengaruh Konseling Kelompok Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Terhadap Tingkat Kecanduan Gadjet Pada Remaja Usia 12-16 Tahun Di SMPN 8 Satap Mentewe Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 1, 63-72.

Masturoh, I.,T, A. N. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Kemenkes RI: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan

Mulyanti dan Massuhartono. (2018). Terapi Religi Dzikir Pada Penderita Gangguan Jiwa. Jurnal of Islamic Guidance and Counseling. ISSN (Online). 2442-8795. Vol. 2. http://josi.ft.unand.ac.id/.

Nazli., Muammar., and Meutia Chaizuran. (2020). Efektivitas Meditasi Dzikir Terhadap Penurunan Stres Pada Lansia Dengan Hipertensi. Journal of Nursing and Midwifery. Vol 1. No 1. Page 54-67. http://jurnal.sdl.ac.id/index.php/dij/.

Novita, F. S. (2018). Pengaruh Terapi Relaksasi Dzikir Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Lansia Hipertensi. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika. Jombang.

PISA Results. (2018). “Bullying: What School Life Means for Students’ lives”. OECD Publishing. Paris.

Pragholapati, A., Muliani, R. and Aryanti, F. L. (2020). “Hubungan Bullying Dengan Kemampuan Sosial Pada Remaja Di SMK X Kota Bandung”. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 9(1), pp. 34-40.

Ramadhani, A., & Retnowati, S. (2013). Depresi Pada Remaja Korban Bullying. Jurnal Psikologi, 9 (2), 73-79.

Ramadhanti dan Muhammad Hidayat. (2022). “Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, 6(3), pp. 4566-4573.

Shilphy A, O. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. CV Budi Utama.

Soedjatmiko, S., Nurhamzah, W., Maureen, A., & Wiguna, T. (2016). Gambaran Bullying dan Hubungannya Dengan Masalah Emosi dan Perilaku Pada Anak Sekolah Dasar. Sari Pediatri, 15(3), 174-180.

Sucinindyasputeri, R. (2017). Pengaruh Terapi Dzikir Terhadap Penurunan Stres Pada Mahasiswa Magister Profesi Psikologi Inquiry. Jurnal Ilmiah Psikologi, 8, 30-41. Retrieved from https://doi.org/10.51353/inquiry.v8i1.125

Syukri, M. (2020). “Hubungan Pola Asuh Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja SMP Negeri 19 Kota Jambi”. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20 (1), p. 243. Doi:10.33087/jiubj.v20i1.880.

UNICEF. (2020). Global Databases Bullying. XLS_Bullying-database_July-2020.

Vanderbilt, D., & Augustyn, M. (2010). The effect of bullying. Pediatrics and Child Health, 20(7), 315-320.

Yoga, A. R., dan Ayu, K. H. S. (2019). Pelatihan Relaksasi Dzikir untuk Menurunkan Stres Santri Rumah Tahfidz “Z”. Jurnal Psikologi. ISSN: 2615-6687. E-ISSN: 2621-3893. https://doi.org/10.31293/mv.v2i1.4265.

Yuliana, Y., & Hikmah, N. (2018, December). Dzikir Relaxation To Develop Emotional Intelligence In Overcoming Bullying Problems In Adolescents. In International Conference on Islamic Guidance and Counseling (Vol. 1, No. 1, pp. 10-21).

Zakiyah, E. Z. et.al. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(2), 324-330.

Published
2023-08-07

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.