HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEIKUTSERTAAN VASKSIN COVID-19 DOSIS II PADA ANAK USIA 6-11 TAHUN DI DESA JAYABAKTI PUSKESMAS BANJARWANGI KABUPATEN GARUT
Abstract
Vaksinasi Covid-19 pada anak 6-11 tahun menjadi persyaratan utama pada saat ini untuk melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah serta betujuan agar anak terlindungi dari penyebaran Covid-19. Dukungan keluarga menjadi kunci dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi khususnya pada anak, keluarga berfungsi untuk menjelaskan dan mendamping,anak-anak nya untuk di vaksin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan keikutsertaan vaksin Covid-19. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain penelitian Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel Multistage Random Sampling dengan memilih sampel berdasarkan pembagian suatu daerah secara bertingkat dan ambil secara acak untuk tiap daerah pada keluarga anak usia 6-11 tahun yang belum di vaksin di Desa Jayabakti Puskesmas Banjarwangi. Uji analisis pada penelitian ini menggunakan Chi Square lebih dari setengah responden keluarga mendukung terhadap vaksin Covid-19 yaitu 66 (72.5%) dan lebih dari setengah seluruh responden 65 (71.4%) sudah mengikuti vaksin Covid-19. Hasil Uji Chi square antara variabel dukungan keluarga dengan keikutsertaan vaksin Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun di dapatkan hasi p value = 0.015 (p value < 0.05). Sebagian besar responden mendukung dengan kategori tinggi dan ikut melaksanakn vaksin Covid-19 dosis II pada anak. Dukungan keluarga menunjukan hasil adanya hubungan yang signifikan dengan keikutsertaan vaksin Covid-19 dosis II pada anak usia 6-11 tahun.
References
Arfandi, Zemi. (2014). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Kemampuan Perawatan Diri pada Anak Retardasi Mental di SLB Negeri Ungaran. http://perpusnwu.web.id. Diakses tanggal 29 November 2014.
Afdiani, A. (2022). HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN VAKSINASI COVID-19 PADA LANSIA KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG. 2–3.
Aidah, S. N. (2021). Bacaan Wajib! Vaksin Corona. PENERBIT KBM INDONESIA.
Aini, S. N. (2021). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI LANSIA DALAM MENGIKUTI PROGRAM VAKSINASI COVID-19 DI PUSKESMAS MERDEKA PALEMBANG.
Amelia, M., Nurchayati, S., Elita, V., Studi, P., Keperawatan, I., & Riau, U. (2014). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keluarga Untuk Memberikan Dukungan Kepada Klien DM Dalam Menjalani Diet. 1, 1–10.
BNPB. (2020). Pengalaman Indonesia Dalam Menangani Wabah Covid - 19.
Damanik, R. K. (2021). Kecemasan Masyarakat & Resiliensi Pada Masa Vaksinasi Covid - 19 (S. J. Insani (ed.)). PENERBIT INSAN CENDIKIA MANDIRI ( PT. INSAN CENDIKIA MANDIRI GROUP ).
Dr.dr.Andi, D. (2020). PENANGANAN COVID - 19 : PENGALAM RSUI. UL Publishing.
Elisabeth, N., Lea, A. I., & Febriyanti, E. (2021). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Dukungan Keluarga Terhadap Motivasi Berobat Prnderita Kusta. 4.
Friedman. (2013). Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Goysen Pusblising
Friedman. 2014. Keperawatan Keluarga. Yogyakarta : Gosyen Pusblising
Farhat. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN PRALANSIA DAN LAMSIA MENGIKUTI PROGRAM VAKSINASI COVID-19 DI RS ROYAL PRIMA PADA PANDEMI COVID-19.
Juwita, A. (2022). Efektifitas Vaksinasi Terhadap Infeksi Covid-19 Pada Anak Anak: Systematic Review. 7(1).
Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59
Kozier. (2010). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Jakarta: EGC.
Kurniawan, R. (2017). Hubungan Dukungan Dengan Rehabilitasi Paien Stroke Di RSUD Kota Yogyakarta.
Kamidah. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tabletbesi di Puskesmas Simo Boyolali. Skripsi: Stikes Aisyiyah Kemenkes RI. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease Covid-19 Revisi 5. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2020
Lestari, I. (2018). PERKEMBANGAN ANAK USIA SD (Prof.Dr.Sitepu (ed.)).
Maria H. Bakri, SKM., M. ke. (2020). Asuhan Keperawatan Keluarga. PUSTAKA MAHARDIKA.
Miranda, Destryarini. (2013). Strategi Coping dan Kelelahan Emosional (Emotional Exhaustion) pada Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus di Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam, Samarinda. eJurnal Psikologi, 2013, 1 (2): 123-135.
Nursalam. (Nursalam). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. (P. P. Lestari, Ed.) (4th ed). Jakarta: Salemba Medika.
Notoadmodjo, S (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Octafia, L. A. (2021). Vaksin Covid-19: Perdebatan, Persepsi dan Pilihan. Emik, 4(2), 160–174. https://doi.org/10.46918/emik.v4i2.1134
Sugiono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Siska N.Sibua S.Kep., M. ke., & Grace Irene Viodtya Watung S.Kep., Ns, M. K. (2021). DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN BEROBAT PENDERITA TUBERKULOSIS. PRCI.
Siti Damawiyah, I. N. (2019). Ketajaman Penglihatan Pada Anak Usia Sekolah Dasar di RW 10 Desa Kramat Jegu Taman Sidoarjo.
Tri yuniarti, Saswoko, V. A. (2022). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Keikutsertaan Vaksin Covid-19. 5(1), 126–131.
Wahyuni Maria Prasetyo Hutomo, Wisye sances Marayate, I. R. (2021). HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEIKUTSERTAAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS. Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Vaksinasi COVID - 19 Dosis Kedua Di Kelurahan Malawei, 4, 2–6.
WHO. 2020. Behavioural Considerations for Covid-19 Vaccines and Uptake of Acceptance.
Yarman, C. I., & Rahayu, S. (2022). Analisis Perilaku Pemberian Vaksinasi Covid-19 Pada Anak Usia 6-11 Tahun di Sekolah Dasar Negeri 03 Cempaka Putih Jakarta Timur Tahun 2021. 8, 87–92.
Yuni Lasmita, M. (2021). Analisis Penerimaan Vaksinasi Covid - 19 Di Kalangan Masyarakat. 9(4), 195–204. https://doi.org/10.29406/jkmk.v9i4.3056
Copyright (c) 2023 Eldessa Vava Rilla, Sri Yekti Widadi, Tantri Puspita, Rudi Alfiansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.