EKSPLORASI TAHAPAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Cuci tangan memakai sabun merupakan indikator PHBS karena tindakan ini merupakan tindakan membersihkan keseluruhan tangan mulai dari punggung tangan, sela jari dan ujung kuku, yang apabila dilakukan dengan benar sesuai tahapan sangat efektif dalam pencegahan penyakit yang dapat menular karena perantara tangan yang kotor. Penelitian ini memiliki Tujuan untuk mengetahui gambaran tahapan cuci tangan pakai sabun. Penelitian ini merupakan kuantitatif deskriptif, sampling yang digunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 35 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner terstruktur dari tahapan cuci tangan pakai sabun, Analisa data menggunakan analisis univariat. Penelitian ini mendapatkan hasil berdasarkan kuesioner terstruktur yang dikerjakan oleh siswa bahwa terdapat 15 siswa melakukan cuci tangan memakai sabun sesuai dengan tahapan, sedangkan 11 siswa yang melakukan cuci tangan memakai sabun tidak sesuai tahapan. Siswa yang melakukan cuci tangan tidak sesuai dengan tahap adalah siswa dengan jenis kelamin laki-laki, hal ini disebabkan adanya pola kebiasaan yang dilakukan. Penelitian ini dapat dijadikan bahan evaluasi untuk seluruh warga sekolah khususnya guru yang dapat kembali mengingatkan siswa untuk melakukan cuci tangan dengan sabun sesuai tahapan yang dianjurkan oleh organisasi kesehatan dunia.
References
Ali, F. (2013, November). Hanya 18,5 Persen Warga Cuci Tangan Pakai Sabun. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/522901/hanya-185-persen-warga-cuci-tangan-pakai-sabun
Donsu, J. D. T. (2017). Psikologi Keperawatan (1st ed.). Pustaka Baru Press.
Fauziah, A. N. (2016). GAMBARAN SIKAP CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK – ANAK DI TPA SHOLIHAH KALURAHAN JOYOTAKAN SURAKARTA. Jurnal Kebidanan Indonesia, 7(2), 60–70. https://doi.org/https://doi.org/10.36419/jkebin.v7i2.28
Haryani, S., Astuti, A. P., & Minardo, J. (2021). PENGETAHUAN DAN PERILAKU MENCUCI TANGAN PADA SISWA SMK SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN COVID-19. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendidkia Utama, 10(1), 85–91. https://doi.org/https://doi.org/10.31596/jcu.v10i1.705
Husni, E., & Ramadany, S. (2019). PRAKTEK CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SISWA SEKOLAH DASAR 05 NAGARI MUNGKA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 2(4), 443–449. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/bina.v2i4.153
Kemensos. (2020). PENGUATAN KAPABILITAS ANAK DAN KELUARGA : PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT.
Ningrum, S., Sulistyorini, L., & Septiono, E. A. (2021). EXPLORASI PERILAKU MENCUCI TANGAN ANAK USIA SEKOLAH DALAM PENCEGAHAN INFKESI COVID-19 DI BANYUWANGI, JAWA TIMUR. JURNAL ILMU KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN, 12(2), 200–207. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26751/jikk.v12i2.910
Notoatmodjo, S. (2014). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta.
Rachmawati, W. C. (2019). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Wineka Media.
Setyaningrum, R., Rofi’i, A., & Setyanti, A. (2015). TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) PADA SISWA SDN BATUAH I DAN BATUAH III PAGATAN. Jurnal Berkala Kesehatan, 1(1), 42–46. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/berkala-kesehatan/article/view/660
Suprayitno, Tafliati, H., Syaifuddin, M. A., & Sandi, F. A. (2021). PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SEKOLAH : UNTUK PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (p. 24). Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Wikurendra, E. A. (2018). PENGARUH PENYULUHAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN TERHADAP SIKAP MENCUCI TANGAN SISWA. Jurnal Ilmiah Media Husada, 7(2), 64–69. https://doi.org/https://doi.org/10.33475/jikmh.v7i2.21
Copyright (c) 2023 Vitaria Wahyu Astuti, Dyah Ayu Kartika Wulan Sari, Fidiana Kurniawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.