PENINGKATAN KEPATUHAN KUNJUNGAN KE POSYANDU BALITA MELALUI PEMBERIAN REMINDER MESSAGE DI PUSKESMAS MALAIMSIMSA KOTA SORONG

  • Ariani Pongoh Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Sorong
  • Wa Ode Akta Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Sorong
Keywords: Reminder message, Kepatuhan, Posyandu

Abstract

Posyandu balita merupakan kegiatan rutin untuk memantau pertumbuhan, pemberian penyuluhan gizi, serta pemberian pelayanan kesehatan dasar balita. Reminder Message adalah pesan yang dikirimkan untuk mengingatkan seseorang terhadap suatu informasi tertentu. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh reminder message terhadap kepatuhan kunjungan Posyandu Balita di wilayah kerja Puskesmas Malaimsimsa kota Sorong. Desain penelitian yaituPre Experiment dengan pendekatan One group Pre - Post Test dilakukan pada ibu balita di wilayah kerja Puskesmas Malaimsimsa kota Sorong. Intervensi dilakukan dengan cara memberikan reminder sebanyak 3 kali (h-2; h-1 dan 2 jam pelaksanaan Posyandu) melalui pesan tertulis SMS atau Whatsapp, berisi informasi tentang ajakan melakukan kunjungan. Selanjutnya data dianalisis dengan uji Wilcoxon dan Chi Square. Hasil menunjukkan sebelum pemberian reminder terdapat lebih dari setengah (53,3%) yang memiliki kepatuhan rendah, berubah menjadi hanya 13,3% setelah diberikan reminder message. Terdapat perbedaan kepatuhan kunjungan Posyandu sebelum dan sesudah pemberian perlakukan (p value 0,008). Analisis lebih lanjut menunjukkan Ibu-balita yang jarak ke Posyandu relatif dekat (< 200 meter) memiliki kecenderungan kepatuhan kunjungan yang tinggi (20%) dan sedang (46,7%), dengan korelasi yang bermakna secara statistik (p value 0,035). Reminder message dapat digunakan sebagaipengingat ibu-balita untuk melakukan kunjungan Posyandu serta meningkatkan kepatuhan ibu balita ke Posyandu

References

Agustiawan, I. P. R., & Pitoyo, J. (2020). Hubungan Frekuensi Kunjungan ke Posyandu dengan Status Gizi Balita di Posyandu. Profesional Health Journal, 2(1), 9–16.

Basith, Z. A., & Prameswari, G. N. (2020). Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Higeia, 4(1), 52–63.

Destiadi, A., Nindya, T. S., & Sumarmi, S. (2015). Frekuensi kunjungan Posyandu dan riwayat kenaikan berat badan sebagai faktor risiko kejadian stunting pada anak usia 3-5 tahun. Media Gizi Indonesia, 10(1), 71–75.

Diagama, W., Amir, Y., & Hasneli, Y. (2019). Hubungan Jumlah Kunjungan Posyandu Dengan Status Gizi Balita (1-5 Tahun). Jurnal Ners Indonesia, 9(2), 97. https://doi.org/10.31258/jni.9.2.97-108

Househ, M. (2016). The role of short messaging service in supporting the delivery of healthcare: An umbrella systematic review. Health Informatics Journal, 22(2), 140–150. https://doi.org/10.1177/1460458214540908

Idaningsih, A. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kunjungan Balita Ke Posyandu. Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 16–29.

Kemenkes RI. (2017). Profil Kesehatan Indonesia 2017 (Vol. 1227). https://doi.org/10.1002/qj

Lestari, D. D. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dan SMS Reminder Terhadap Kepatuhan ibu hamil dalam mengonsumsi tablet besi di wilayah kerja puskesmas pisangan tahun 2015. Jurnal Kesehatan, 1–22.

Lungu, E. A., Biesma, R., Chirwa, M., & Darker, C. (2016). Healthcare seeking practices and barriers to accessing under-five child health services in urban slums in Malawi: a qualitative study. BMC Health Services Research, 16(410), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12913-016-1678-x

Megatsari, H., Laksono, A. D., Ridlo, I. A., Yoto, M., & Azizah, A. N. (2018). Perspektif masyarakat tentang akses pelayanan kesehatan. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 21(4), 247–253.

Novianti, N. (2019). Efektifitas reminder message terhadap kepatuhan kunjungan ibu balita di Posyandu RW 05 dan RW 15 Manukan Kulon Surabaya. Jurnal Kesehatan.

Panggantih, A., Pulungan, R. M., Iswanto, A. H., & Yuliana, T. (2019). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan oleh peserta jaminan kesehatan nasional di Puskesmas Mekarsari Tahun 2019. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 18(4), 140–146.

Pirolli, P., Mohan, S., Venkatakrishnan, A., Nelson, L., Silva, M., & Springer, A. (2017). Implementation Intention and Reminder Effects on Behavior Change in a Mobile Health System: A Predictive Cognitive Model. J Med Internet Res, 19(11), e397.

Pool, A. C., Kraschnewski, J. L., Poger, J. M., Smyth, J., Stuckey, H. L., Craig, T. J., … Sciamanna, C. N. (2017). Impact of online patient reminders to improve asthma care: A randomized controlled trial. PLoS ONE, 12(2), e0170447.

Schwebel, F. J., & Larimer, M. E. (2018). Using text message reminders in health care services: A narrative literature review. Internet Interv, Sep(13), 82–104.

Sihotang, H. M., & Rahma, N. (2017). Faktor Penyebab Penurunan Kunjungan Bayi Di Posyandu Puskesmas Langsat Pekanbaru Tahun 2016. Jurnal Endurance, 2(2), 168. https://doi.org/10.22216/jen.v2i2.1803

Suryandari, D. (2015). Hubungan antara faktor jarak pelayanan dengan pemanfaatan pos kesehatan desa di Desa Gawanan Kecamatan Colomadu. In Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Kesehatan (pp. 160–165).

Susilowati, E. (2017). Kepatuhan Ibu Balita Berkunjung ke Posyandu di Desa Karangrejo Kacamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 8, 80–88.

Van Ryswyk, E. M., Middleton, P. F., Hague, W. M., & Crowther, C. A. (2015). Postpartum SMS reminders to women who have experienced gestational diabetes to test for Type 2 diabetes: The DIAMIND randomized trial. Diabetic Medicine, 32(10), 1368–1376. https://doi.org/10.1111/dme.12769
Published
2022-08-24

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.