ANALISIS FAKTOR KECANDUAN GADGET PADA ANAK PRASEKOLAH
Abstract
Semakin berkembangnya teknologi saat ini tidak lepas dari perkembangan zaman yang harus kita ikuti (1). Pergeseran perpainan anak dari permainan tradisional ke Gadget merupakan salah satu dampak negatif. Hal ini sudah terjadi sejak anak usia 4-6 tahun, hal yang dapat terlihat adalah menurunnya komunikasi dua arah pada anak, anak yang bermaian gadget cenderung asik sehingga hanya ada komunikasi satu arah (2). Rancangan penelitian ini untuk mempelajari prevalensi factor kecanduan gadget serta menganalisis hubungan antara variabel faktor risiko yang bisa diubah dan yang tidak bisa diubah dengan variabel kecanduan gadget yang dilakukan secara serentak dalam satu waktu pada anak pra sekolah dengan perkembangan personal anak. Jumlah sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Semua anak dan orang tua anak yang berusia 4-6 tahun di TK-A dan TK-B (TK-Annur, TK AL-Wardah, TK Al-Munawaroh Pamekasan, TK Nurul Hikmah Pamekasan, Paud Sopia Terpadau Jayapura, Tk Kristen Atambua) yang berjumlah 428 anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengarui kecanduan gadget pada anak terhadap personal sosial anak pra sekolah. Faktor yang paling berpengaruh terhadap kecanduan gadget pada anak ada 3 faktor yang berpengaruh dalam kecanduan gadget pad anak Pendidikan Orang Tua, Suku Orang Tua, Pekerjaan, Usia Anak, Berat Badan Anak, Durasi Bermaian, Pengasuh Anak Dirumah, Bb Anak.
References
2. Suharsono Jt, Fitriyani A, Upoyo As. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Prasekolah Di Tk Pertiwi Purwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirman. 2009;4:7.
3. Nurmalitasari F. Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Bpsi. 2015 Dec 1;23(2):103.
4. Ekasari D, Witarsa R. Pengaruh Pola Asuh Ibu Terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini Di Tk Kenanga Kabupaten Bandung Barat. :9.
5. Farhatin R. Pengaruh Pengasuhan Orang Tua Yang Bekerja Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Pulo Gadung Jakarta Timur. 2018;03(1):9.
6. Anisah As. Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. 05(01):15.
7. Warisyah Y. Pentingnya “Pendampingan Dialogis” Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. 2015;9.
8. Vinayastri A. Pengaruh Pola Asuh (Parenting) Orang-Tua Terhadap Perkembangan Otak Anak Usia Dini. 2015;3:10.
9. Indira Pm. Kapasitas Pengasuhan Orangtua Dan Faktor-Faktor Pemungkinnya Pada Keluarga Miskin Perkotaan. Indigenous [Internet]. 2017 Aug 18 [Cited 2021 Mar 8];2(1). Available From: Http://Journals.Ums.Ac.Id/Index.Php/Indigenous/Article/View/4433
10. Imron R. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Prasekolah Di Kabupaten Lampung Selatan. Jkep. 2018 Jul 30;13(2):148.
11. Palar Je, Onibala F, Oroh W. Hubungan Peran Keluarga Dalam Menghindari Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak Dengan Perilaku Anak Dalam Penggunaan Gadget Di Desa Kiawa 2 Barat Kecamatan Kawangkoan Utara. 2018;6:8.
12. Sari Tp, Mitsalia Aa. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di Tkit Al Mukmin. 2016;13:7.
13. Sapardi Vs. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Di Paud/Tk Islam Budi Mulia. 2018;9.
Copyright (c) 2022 sylvie puspita, Hany Puspita Aryani, Enny Puspita, Semi Naim (Array)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.