PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP PRAKTIK CUCI TANGAN PAKAI SABUN DAN AIR MENGALIR PADA ORANGTUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

  • Cecilya Kustanti STIKES Notokusumo Yogyakarta
  • Linda Widyarani STIKES Notokusumo Yogyakarta
Keywords: flashcard, tuna grahita, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir

Abstract

Pendidikan kesehatan kepada orangtua akan pentingnya mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir dapat menumbuhkan pengaruh baik terhadap kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir pada anak tunagrahita. Pemberian edukasi kesehatan pada orangtua memerlukan pendekatan yang efektif dan inovatif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh flashcard terhadap kemampuan orangtua dengan anak tunagrahita dalam mempraktikkan teknik, cara dan langkah cuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Desain penelitian ini quasi eksperiment dengan metode one group pre-post test design dan teknik purposive sampling. Responden penelitian ini berjumlah 22 orang. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji paired t test (α ≤ 0,05). Rata-rata nilai pengetahuan responden sebelum memperoleh intervensi adalah 64,27±2,142 dan setelah memperoleh intervensi adalah 78,05±1,133 sedangkan rata-rata nilai praktik/ketrampilan responden sebelum memperoleh intervensi adalah 65,09±2,202 dan setelah memperoleh intervensi adalah 78,18±0,795. Uji paired t-test menunjukkan ada pengaruh flashcard sebagai media edukasi terhadap kemampuan responden, baik pengetahuan dan juga praktik/ketrampilan dalam mempraktikkan teknik, cara dan langkah cuci tangan pakai sabun dan air mengalir (p value 0,000).

References

Anggraini. (2013). Persepsi Orangtua terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Deskriptif Kuantitatif di SDLB N 20 Nan Balimo Kota Solok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 258–265.

Christy. (2014). Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Dehidrasi Diare pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kalijudan. Jurnal NERS, 2(3), 297–308.

Darmono. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Studi Islam Dan Sosial., 15(2), 127–141.

Hotimah. (2020). Penggunaan Media Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4(1), 10–18.

Israfil. (2019). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian ISPA pada Balita berdasarkan Pendekatan Teori Florence Nightingale di Wilayah Kerja Puskesmas Alak Kota Kupang NTT. Jurnal NERS, 14(3), 21–30.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017.

Lausan. (2020). Peran Orangtua dalam Mengajar Sains Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. MONTESSORI Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini., 5(2), 44–52.

Mafazah, L. (2013). Ketersediaan Sarana Sanitasi Dasar, Personal Hygiene Ibu dan Kejadian Diare. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), 176–182.

Maslakah. (2017). Pengaruh Pendidikan Media Flashcard Terhadap Pengetahuan Anak Tentang Pedoman Umum Gizi Seimbang Di SD Muhammadiyah 21 Baluwarti Surakarta. Jurnal Kesehatan. Jurnal Kesehatan, 10(1), 9–16.

Napolion. (2020). Pengalaman Keluarga dalam Merawat Anak Tunagrahita di Kelurahan Balumbang Jaya Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor : Studi Fenomenologi. Universitas Indonesia.

Purwandari. (2013). Hubungan antara Perilaku Mencuci Tangan dengan Insiden Diare pada Anak Usia Sekolah di Kabupaten Jember. Jurnal Keperawatan, 4(2), 122–130.

Ramawati. (2012). Kemampuan Perawatan Diri Anak Tuna Grahita berdasarkan Faktor Eksternal dan Internal Anak. Jurnal Keperawatan Indonesia, 15(2), 89–98.

Rifai. (2016). Kebiasaan Cuci Tangan Ibu dan Kejadian Diare Anak: Studi di Kutai Kartanegara. Berita Kedokteran Masyarakat. Berita Kedokteran Masyarakat, 32(11), 409–414.

Risnawaty. (2017). Faktor Determinan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS) pada Masyarakat di Tanah Kalikedinding. Jurnal Promosi Kesehatan Universitas Airlangga., 4(1), 70–81.

Susantiningsih. (2018). PKM Pelatihan Mencuci Tangan Menggunakan Sabun sebagai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Masyarakat RT 007/RW 007 Desa Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere Kota Depok. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2), 75–84.

Wahyuni. (2019). Pengembangan Media Pendidikan Kesehatan Flashcard Anemia. Jurnal Kesehatan, 7(2), 69–74.

Wati. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di Kelurahan Rangkah Kota Surabaya. Jurnal Promkes : The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 8(1), 47–58.

Widiyono. (2011). Penyakit Tropis: Epidemiologi, Penularan, Pencegahan dan Pemberantasannya (pp. 193–199). Erlangga.

Zahra. (2017). Kondisi Lingkungan Rumah dan Kejadian ISPA pada Balita di Indonesia. Jurnal Ekologi Kesehatan, 16(3), 121–129.

Zuhriyyah. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard IPA pada Anak Tunagrahita Kelas VII SMPLB. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Published
2022-02-12

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.