HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN ONLINE/DARING DENGAN EVALUASI HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI S1 KEPERAWATAN DI STIKES BANYUWANGI TAHUN 2021
Abstract
Metode pembelajaran online/daring adalah merupakan metode pemanfaatan teknologi informasi yang menggunakan perangkat komputer. Metode pembelajaran online/daring dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain media, diskusi, tugas, dan evaluasi. Evaluasi hasil belajar adalah proses sistematis untuk menilai kemampuan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi adanya hubungan metode pembelajaran online dengan evaluasi hasil belajar mahasiswa Prodi S1 Keperawatan di STIKES Banyuwangi Tahun 2021.Designe penelitian yang digunakan adalah crossectional dengan menggunakan uji chi square SPSS 25 For Windows dan menggunakan desain studi korelasi dengan 69 sampel dengan teknik cluster random sampling. Instrumennyayang digunakan untuk mengidentifikasi metode pembelajaran online/daring dan evaluasi hasil belajar mahasiswa dengan kuesioner. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah sebagian besar evaluasi hasil belajar mahasiswa cumlaude dengan metode pembelajaran daring kategori efektif sejumlah 58 (84,1℅). Didapatkan hasil uji chi square spss for windows 0,1 yang berarti ada hubungan antara metode pembelajaran online/daring dengan evaluasi hasil belajar mahasiswa Prodi S1 Keperawatan di STIKES Banyuwangi. Keeratan korelasi antara kedua variabel bernilai 0,070 artinya korelasi tersebut memiliki keeratan kuat sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran online/daring berhubungan dengan evaluasi hasil belajar mahasiswa Prodi S1 Keperawatan di STIKES Banyuwangi. Metode pembelajaran daring diterapkan di semua jenjang pendidikan ini dikarenakan pandemi yang melanda dunia, setiap institusi pendididkan mengadaptasi beragam metode pembelajaran untuk tetap bisa memaksimalkan evaluasi belajar masahasiswa disetiap semesternya.
References
Abdel-Fattah HMM. (2020). Emotional Intelligence and Emotional Stability in Crises. Journal of Psychiatry and Psychiatric Disorders. April 2020, Volume 4, Issue 2.
Ahmadi, Arif. (2016). Evaluasi Pelaksanaan E-Learning Pada Proses Pembelajaran Sistem Kelistrikan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Otomotif di SMKN 2 Pengasih. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Aman, Zainal. (2012). Model Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda karya
Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411
Asbari. M., Nurhayati. W., Purwanto.A,. (2020). The effect of parenting style and genetic personality on children character development. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan : 23(2). DOI:https://dx.doi.org/10.21831/pep.v23i2.28151
Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. JurnalGantang, 4(2), 111-119. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1560
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional). 05(02), 11-16.
Badan Pusat Statistik. (2020). Persentase Penduduk yang Memiliki/Menguasai Telepon Seluler Menurut Provinsi dan Klasifikasi Daerah, 2012-2018.
Bell, D., Nicoll, A., Fukuda, K., Horby, P., Monto, A., Hayden, F., … Van Tam, K. (2006). Nonpharmaceutical interventions for pandemic influenza, national and community measures. Emerging Infectious Diseases. https://doi.org/10.320/eid1201.051371.
Bonk, C.J. (2002). Online Training in an Online World. Growth Lakeland. Retrieved from http://publicationshare.com
Budiman & Riyanto A. 2013. Kapita Selekta Kuisioner Pengetahuan dan Sikap. Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika
Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the Covid-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research, 112934
Chakraborty, M. and MuyiaNafukho, F. (2014). Strengthening student engagement: what do students want in online courses.European Journal of Training and Development, Vol. 38 No. 9.
Conrad, Hughes. (2020). Some implications of COVID‐19 for remote learning and the future of schooling. April, 2020, No.36 - IBE‐UNESCO.
Dahlan, D M. 1(990). Model-model Mengajar. Bandung :Diponegoro
Dahar, RW. (1999). Teori-Teori Belajar. Jakarta :Erlangga
Dias, M.O., Lopes, R. (2020). Will the COVID-19 Pandemic Reshape our Society. EAS Journal of Humanities and Cultural Studies). April 2020, Vol.2, Issue 2, pp. 93-97. ISSN: 2663-6743 (Online). DOI: 10.36349/EASJHCS. 2020.V02I02.013.
Fauzi, A. R., Zainuddin, & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 27–36.
Gugus Tugas Banyuwangi. (2020). Peta sebaran COVID-19 Banyuwangi. peta-sebaran: Banyuwangi, Diakses pada tanggal 6 Juli 2021, pukul 11.14 WIB
Hartono Williams (1999). Design Web Based Training. New York Villay
Hidayat. (2012). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika.
Jalloh, M. F., Li, W., Bunnell, R. E., Ethier, K. A., O Leary, A., & Hageman, K. M., et al. (2018). Impact of Ebola experiences and risk perceptions on mental health in Sierra Leone, July 2018. BMJ Global Health, 3(2).
Kinasih, Sekar dan Kelly Sinaga. (2020). Kajian Penerapan Teori PembelajaranBermakna Ausubel Berdasarkan Perspektif Alkitabiah Pada Pembelajaran Kimia Materi Hidrokarbon. Polyglot: Jurnal IlmiahVol 16, No 2 July 2020 Page: 141 – 153
Kitao, Kenji. S. Kathleen Kitao. (1998). Selecting and developing teaching/Learning materials. The Internet TESL Journal, Vol. IV.
Kusnayat,Agus dkk. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 dan Dampaknya Pada Mental Mahasiswa. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran. Volume 1, No. 2 Edisi Juni 2020
Liu, S., Yang, L., Zhang, C., Xiang, Y., Liu, Z., & Hu, S., et al. (2020). Online mental health services in Cina during the COVID-19 outbreak. The Lancet Psychiatry.
Moe, T.M. (2000). The new economic of organization. American journal of political science 28(5):739-777
Moule, P., Ward, R., LOCKYER, k. (2010). Nursing and healthcare students’ experiences and use of elerning in higher education. Journal of Advanced Nursing, 66(12), 2785-2795.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurhayati, E. (2019). Penerapan Buku Saku dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pasca Gempa Bumi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 94–99.
Nursalam. (2016). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Nurul Arifa, Fieka. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Jakarta: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI
Paryanto, et. al. (2020). Implementation of problem based learning to improve student learning achievement in turning machining lesson. Journal of Physics: Conference Series, 1446 012007, 2020.
Roida, Pakpahan., dan Yuni Fitriani. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Universitas Bina Sarana Informatika.
Rusman. (2010). Model-Model PembelajaranMengembangkanProfesionalisme Guru. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
SATGAS COVID-19. (2020). Peta Sebaran.https://covid19.go.id/, Diakses pada tanggal 6 Juli 2021, pukul 11.15 WIB
Soekartawi. (2015). Merancang dan Menyelenggarakan E-learning: Yogyakarta: Ardana Media.
Sunaryo. (2010). Aplikasi Teori Pembelajaran. D:Pasca sarjana UNPStrategi pembelajaran fisikaBAHAN2 Teori Belajar dan PembelajaranAplikasi Teori Pembelajaran
Surono, and C.T. Harjanto. (2019). Pengembangan paket latihan dan penilaian berbantuan computer untuk pemebelajaran alat ukur mekanik presisi. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin., vol. 4, no. 2, pp. 134-143, 2019
Surat Edaran Nomor 4 Tahun. (2020). Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona virus Disease (Covid-19)
Syarifudin. (2017). Pengembangan Sistem Pembelajaran Online di SMK NU Unggaran, Semarang: UNNES, 2017.
Tanireja, Tukiran, dkk. (2013). Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta
Wang, H.H, Huang, R.H., Liu, D.J., Tlili, A., Yang, J.F. (2020). Handbook On Facilitating Flexible Learning, During Educational Disruption: The Chinese Experience In Maintaining Undisrupted Learning in Covid-19 Outbreak. 2020 ed. Smart Learning Institute of Beijing Normal University.
World Health Organization. (2020). WHO Director-General’s opening remarks at the media briefing on COVID-19 - 11 March 2020. Accessed March 11, 2020.
Copyright (c) 2022 Ukhtul Izzah, Evi Novitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.