PENDIDIKAN KESEHATAN SEBAGAI METODE UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG BULLYING PADA ANAK: LITERATURE REVIEW
Abstract
Bullying merupakan sebuah keinginan untuk menyakiti, keinginan ini diperlihatkan ke dalam aksi verbal, fisik, maupun psikis, yang dapat menyebabkan seseorang menjadi menderita. Tujuan penelitian dalam penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan bullying berdasarkan literature review. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan review. Jurnal yang digunakan tahun 2014, 2016, 2018, dan 2020. Penelitian ini menggunakan literature review. Literature yang didapatkan dari SCIMAGO, SINTA, dan Google Scholar databased. 10 publikasi dimasukkan dalam analisis. Hasil studi literature review didapatkan bahwa pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang bullying bervariasi pada setiap penelitian yang telah di review. Literatyre review pada semua hasil penelitian tidak semua responden yang sama. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas pendidikan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan tentang bullying. Anak mempunyai pengetahuan yang kurang sebelum diberikan pendidikan kesehatan dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan anak memiliki pengetahuan yang baik dan pemberian pendidikan kesehatan terbukti efektif dapat meningkatkan pengetahuan pada anak tentang bullying.
References
Araya, Wenna, dkk, (2018). Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Eka Harap Palangka Raya. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Bullying dengan Metode Role Play Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja SMPN, Hal: 612-625.
Astuty, dkk, (2019). Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. Peningkatan Literasi Media Digital Anti Hoax, Bullying, dan Ujaran Kebencian pada Siswa Smp di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Hal : 9-14.
Desriani, dkk, (2019). JPK : Jurnal Proteksi Kesehatan. The Effect of Health Education on Bullying Knowledge Among Primary School Student, Hal : 28-34.
Mardiyah, dkk, (2020). Jurnal Kesehatan Kusuma Husada. Pengaruh Edukasi dengan Metode Role Play Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Pencegahan Bullying pada Anak Sekolah Dasar, hal : 99-104.
Livana, dkk, (2018). Jurnal Ners Widya Husada. Peningkatan Pengetahuan dan Sikap pada Remaja Melalui Pendidikan Kesehatan Tentang Dampak Bullying, Hal : 113-122.
Oktarina, dkk, (2018). Jurnal Keperawatan Pangkalpinang. Pemberian Pendidikan Kesehatan Dapat Meningkatkan Pengetahuan Remaja Tentang Bullying, Hal : 36-43.
Ola (2020). Jurnal Keperawatan Dirgahayu. Pengetahuan dan Sikap Siswa Usaha Kesehatan Sekolah Tentang Bullying di Smp X di Kota Samarinda. Hal: 13-18.
Prahardika (2014). PSIKOPEDAGOGIA. Upaya
Meningkatkan Pemahaman Bahaya Bullying Melalui Bimbingan Klasikal pada Siswa, Hal : 51-57.
Sari, dkk (2019). Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK). Upaya Deteksi dan Pencegahan Perundungan (Bullying) di Smpn Satu Atap Desa Suka Maju Kec. Mestong Kab. Muaro Jambi, Hal : 73-78.
Soraya, dkk, (2019). Jurnal Ilmu Budaya. Efektifitas Cerita Pendek Sebagai Media Kampaye “Stop Bullying” Terhadap Siswa Smp Dikota Makassar: Fungsi Edukatif Karya Sastra, Hal: 266-272.
Copyright (c) 2022 Dinda Desy Widjaya Putri, Kili Astarani, Maria Anita Yusiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.