PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK STRIP TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG MENCUCI TANGAN YANG BENAR
Abstract
Mencuci tangan dengan baik dan benar menggunakan sabun terbukti secara efektif dapat menghilangkan kuman penyebab penyakit dan dapat mencegah berbagai jenis penyakit infeksi. Sosialisasi program cuci tangan wajib terus dilakukan pada semua lapisan masyarakat terutama pada anak-anak sebagai usia yang rawan sakit. Program sosialisasi salah satunya dapat dilakukan dengan edukasi menggunakan media komik strip. Komik strip yang terdiri dari sketsa dan gambar mempunyai bahasa yang universal dan dapat dimengerti sehingga dapat membantu anak-anak memahami materi yang disampaikan dengan lebih mudah. Pemilihan media komik dapat memperkarya kecerdasan visual dan komik memiliki peranan yang positif dalam mengembangkan kebiasaan membaca. Penggunaan media komik strip ini diharapkan mampu membentuk pola pikir yang tepat dan mudah agar anak memahami teknik cuci tangan yang benar dengan mudah. Jenis penelitian adalah pre eksperimental dengan pendekatan one group pre test post test yang melibatkan 67 responden dan teknik sampling yang digunakan adalah stratifi ed random sampling. Penelitian dilaksanakan pada Juni 2016 di SDN Wandanpuro 01 Bululawang. Hasil Uji Wilcoxon pada tiap kelompok yaitu signifi cancy nilai P sebesar 0,000 sehingga ada perbedaan antara sebelum & sesudah diberikan pendidikan kesehatan menggunakan komik strip. Dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan khususnya bagi siswa untuk lebih membiasakan diri agar selalu mencuci tangan yang benar setelah melakukan aktivitas tertentu demi meningkatkan status kesehatan melalui upaya peningkatan pengetahuan siswa mengenai mencuci tangan.
References
Penyuluhan Gizi Dengan Media Komik
Untuk Meningkatkan Pengetahuan
Tentang Keamanan Makanan Jajanan.
Jurnal Kesehatan Masyarakat.
Maulana, Heri D J. (2009). Promosi
Kesehatan. Jakarta: EGC.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2(012). Metodologi
Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka
Cipta.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Pendidikan
dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka
Cipta.
Notoatmodjo. (2003). Pendidikan dan
Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka
Cipta.
Notoatmodjo. (2010). Pendidikan dan
Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka
Cipta.
RH Hasibuan. (2014). Cara Mencuci
Tangan. Diambil dari: http://webcache.
googleusercontent.com. Di akses tanggal
23 Februari 2016 jam 2.19 pm.
Riyanti, (2005). Pendidikan Kesehatan
Multimedia Pembelajaran Dan Metode
Demonstrasi Terhadap Tindakan Mencuci
Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas V
(repository.unand.ac.id. Di akses pada 07
Maret 2016 2.11 am.
Romansyah, Cahyo.Yuli, Ika. Endah,
Agustina. (2013). Hubungan Peran
Orang Tua dalam Promosi Kesehatan
dengan Pelaksanaan Cuci Tangan pada
Anak Usia Prasekolah. Jurnal Kesehatan
Mesencephalon STIKES Kepanjen.
Wawan, A. Dewi, M. (2010). Teori &
Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan
Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha
Medika.
Copyright (c) 2021 Sekarini, Moch. Jefri Wildan Kharis, Moch. Jefri Wildan Kharis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.