PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA DALAM PENYUSUNAN TUGAS AKHIR DI STIKES RS BAPTIS KEDIRI DITINJAU DARI SELF EFFICACY

  • Dyah Ayu Kartika Wulan Sari
Keywords: Prokrastinasi akademik, Self efficacy, mahasiswa, tugas akhir

Abstract

Mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir sering mengalami kesulitan-kesulitan yang dapat berkembang menjadi perasaan negatif yang menimbulkan ketegangan, stres dan keyakinan akan ketidakmampuan diri yang membuat mahasiswa melakukan kecenderungan prokrastinasi akademik. Prokrastinasi adalah suatu kecenderungan untuk menunda dalam memulai maupun menyelesaikan kinerja secara keseluruhan untuk melakukan aktivitas lain yang tidak berguna, sehingga kinerja menjadi terhambat, tidak pernah menyelesaikan tugas tepat waktu terkhusus pada pengerjaan tugas akhir. Prokrastinasi akademik ini berkaitan erat dengan self efficacy mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan prokrastinasi akademik mahasiswa dan self-efficacy mahasiswa dalam penyusunan tugas akhir di STIKES RS Baptis Kediri.Penelitian ini mengunakan desain deskriptif, sedangkan populasi adalah semua mahasiswa prodi keperawatan Diploma III semester VI yang sedang mengerjakan Karya Tulis Ilmiah (KTI) dengan sampel 24 mahasiswa. Sampling yang digunakan total sampling. Pengambilan data dengan kuesioner prokrastinasi akademik dan self eficacy. Untuk mengidentifikasi gambaran prokrastinasi akademik dan self eficacy mahasiswa menggunakan distribusi frekuensi dan disajikan dalam bentuk tabel.Hasil penelitian didapatkan prokrastinasi akademik berada dalam tahap sedang dan Self eficacymahasiswa pada dimensi magnitude dalam penyusunan tugas akhir di STIKES RS Baptis KediriĀ  berada pada rentang sedang (50%), dimensi strength dalam penyusunan tugas akhir berada pada rentang tinggi (58,33%), dimensi generality dalam penyusunan tugas akhir berada pada rentang sedang (66,67%) dan Self Eficacy Mahasiswa Dalam Penyusunan Tugas Akhir di STIKES RS Baptis Kediri berada pada rentang sedang (56,52%). Disimpulkan prokrastinasi akademik dan Self Eficacy Mahasiswa Dalam Penyusunan Tugas Akhir di STIKES RS Baptis Kediri berada pada rentang sedang yang berimplikasi pada perlunya intervensi khusus untuk meningkatkan self eficacy mahasiswa dan menurunkan tingkat prokrastinasi akademik dalam pengerjaan Karya Tulis Ilmiah (KTI) sehingga mahasiswa memiliki koping individu yang konstruktif dan dapat memotivasi dirinya sendiri dalam mengerjakan tugas akhir.

References

-
Published
2020-05-11

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.