PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA PRASEKOLAH DI POSYANDU BALITA MAWAR DAN KENANGA

  • Yul Siskawati
  • Dewi Ika Sari Hari Poernomo
  • Srinalesti Mahanani

Abstract

Perkembangan motorik merupakan perkembangan Kontrol pergerakan badan melalui koordinasi aktivitas saraf pusat, saraf tepi, dan otot. Kontrol pergerakan ini muncul dari perkembangan refleks-refleks yang dimulai sejak lahir. Kemampuan gerak dalam keterampilan gerak dasar (fundamental motor skill) menggambarkan derajat penguasaan keterampilan dalam menggunakan jari-jari tangan, koordinasi mata-tangan dan mata-kaki, tempo keseimbangan, serta persepsi visual. Objek dalam penelitian ini adalah untuk mengamati perkembangan motorik anak usia prasekolah di Posyandu Balita Mawar dan Kenanga Kelurahan Bangsal Kota Kediri. Desain penelitian ini menggunakan Deskriptif. Populasi penelitian yaitu semua anak usia prasekolah (4-5 tahun) di Posyandu Balita Mawar dan Kenanga Kelurahan Bangsal Kota Kediri sejumlah 38 anak dengan sampel 34 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel tunggal yaitu perkembangan motorik anak usia prasekolah. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dianalisis menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan motorik kasar menunjukkan sebagian besar responden memiliki skor tinggi menunjukkan performa atau keterampilan bagus yaitu sejumlah 32 responden (94,1%), sedangkan perkembangan motorik halus menunjukkan lebih dari 50% yang memiliki skor rendah menunjukkan performa atau keterampilan kurang bagus yaitu sejumlah 18 responden (52,9%). Simpulan dalam penelitian ini adalah perkembangan motorik anak usia prasekolah di Posyandu Balita Mawar dan Kenanga Kelurahan Bangsal Kota Kediri adalah kategori performa atau keterampilan bagus.

Published
2018-08-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.