LITERATURE REVIEW: HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT INAP

  • Aries Wahyuningsih STIKES RS Baptis Kediri
  • Zefanya Adinda Viola Wahyudi STIKES RS Baptis Kediri
Keywords: Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan memiliki pengaruh besar terhadap tingkat kepuasan pasien, khususnya dalam pelayanan BPJS Kesehatan di Indonesia. Beragam penelitian telah dilakukan untuk menguraikan elemen-elemen yang memengaruhi mutu pelayanan serta dampaknya terhadap pengalaman pasien. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review, dengan menganalisis lima jurnal yang menyoroti mutu pelayanan dan tingkat kepuasan pasien di rumah sakit. Jurnal-jurnal tersebut mencakup berbagai dimensi pelayanan dan pengalaman pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi mutu pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit, mengukur tingkat kepuasan pasien, serta mengidentifikasi faktor-faktor utama yang memengaruhi keduanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan di beberapa rumah sakit berada pada kategori baik, meskipun ada juga yang belum memenuhi standar yang memadai. Variasi tingkat kepuasan pasien teridentifikasi, di mana beberapa laporan menyebutkan tingkat kepuasan yang tinggi, sementara lainnya menunjukkan ketidakpuasan yang cukup signifikan, terutama terkait aspek waktu tunggu dan kualitas komunikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah menekankan pentingnya peningkatan mutu pelayanan sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan pasien.

References

Ardani & Suprapti, 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan WOM (Studi di RSUD Wangaya Denpasar). Jurnal Manajemen, I(2), pp. 240-254.

Herlamang & Susanto, 2016. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyan Publishing.

Juwita, G. S., Marlinae, L. & Rahman, F., 2017. Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tamiang Layang. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, IV(2), pp. 49-56.

Murtiana, E., Majid, R. & Jufri, N. N., 2016. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan kepada Kepuasan Pasien BPJS di RSUD Kota Kendari Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, I(4).

Simalango, A., 2019. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Masyarakat, II(1), pp. 71-78.

Utari, R., Lidiawati, M. & Elmiyati, 2021. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap BPJS Kesehatan Kelas III Terhadap Pelayanan di Rumah Sakit Avicenna Bireun. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, VIII(3), pp. 263-269.

Wiguna, A. S., 2017. Hubungan Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Instalasi Rawat Inap Kelas II di RSU Imelda Medan. Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda, II(1), pp. 207-218.
Published
2025-10-06

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.