GAMBARAN SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT X KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2024

  • Rivortus Famonaha Gulo Universitas Indonesia Maju
  • Purwani Pujiati Universitas Indonesia Maju
  • Risky Kusuma Hartono Universitas Indonesia Maju
Keywords: Sistem Pelayanan Administrasi, Jaminan Kesehatan Nasional, Rawat Inap

Abstract

Ketidaklengkapan administrasi pelayanan pasien sering kali disebabkan oleh sistem pelayanan yang belum berjalan dengan baik. Hal ini berdampak pada proses layanan yang dapat memperlambat pekerjaan, salah satunya pada pelayanan administrasi pasien jkn rawat inap di Rumah Sakit X Kabupaten Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran sistem pelayanan administrasi pasien jaminan kesehatan nasional (JKN) rawat inap di Rumah Sakit X Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini dilakukan obserasi dan wawancara mendalam kepada informan. Cara pengumpulan data dilakukan dengan cara menanyakan pada setiap informan yaitu staf Rumah Sakit X Kabupaten Tangerang dan memastikan dengan benar bahwa pasien tersebut adalah benar sesuai dengan kriteria responden penelitian. Hasil penelitian ini diantaranya pelayanan melibatkan tenaga kesehatan yang cukup dan terlatih, prosedur operasional yang sesuai, serta sarana-prasarana dan teknologi informasi yang mendukung. Pelaksanaan administrasi mulai dari pendaftaran hingga klaim berjalan terstruktur dengan sistem HINAI yang terintegrasi. Pengawasan dilakukan untuk memastikan kelengkapan berkas, meskipun ada kendala seperti jaringan komputer dan kelalaian dalam pengisian berkas medis. Peneliti menyimpulkan bahwa Rumah Sakit X Kabupaten Tangerang telah menyediakan layanan medis dan pelayanan administrasi yang lengkap dengan panduan yang jelas, mengikuti prosedur dan pedoman yang ditetapkan hanya saja masih terdapat kendala pada jaringan komputer yang memperlambat proses juga ditemukan kendala pada kelengkapan berkas yang disebabkan oleh kelalaian petugas yang belum mengupload sesuai dengan sistem.

References

Afiyah, S., & Ulfah, A. (2024). Analisis Kelengkapan Hasil Usg Obstetri Gynekologi (Obgyn) Pasien Rawat Jalan Terhadap Kelancaran Klaim Bpjs Kesehatan Di Rsu Hermina Arcamanik. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), 3201–3207.

Ambarwati, N. R., Wahyuni, N., & Syamiyah, N. (2020). Analisis Pelaksanaan Sistem Informasi Kesehatan Di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Banten. Jurnal Joubahs, 2.

Averus, A., & Pitono, A. (2018). Pengaruh Pengawasan Terhadap Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Sosiohumaniora-Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 20(1), 15–21.

Dakhi, Y. (2016). Implementasi Poac Terhadap Kegiatan Organisasi Dalam Mencapai Tujuan Tertentu. Warta Dharmawangsa, 50.

Kanaya, I. G. A. K. Y., Putra, G. W., Putri, P. C. S., Pradnyani, P. E., Adiningsih, L. Y., & Vergantana, I. W. S. M. (2023). Analisis Faktor Penyebab Pengembalian Berkas Klaim Bpjs Kesehatan Pasien Rawat Inap Di Rsud Tabanan. Maintekkes: The Journal Of Management Information And Health Technology, 1(2), 63–70.

Maisa, W. (2021). Gambaran Sistem Pelayanan Administrasi Dalam Penerimaan Pasien Bpjs Kesehatan Di Igd Rsud M. Natsir Solok Tahun 2021. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Rachmayanti, L. (2017a). Gambaran Pelaksanaan Sistem Pelayanan Pasien Rujukan Rawat Jalan Pelayanan Tingkat Ii Pada Peserta Bpjs Di Rsai Bandung Tahun 2017. Uin Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, 2017.

Rachmayanti, L. (2017b). Gambaran Pelaksanaan Sistem Pelayanan Pasien Rujukan Rawat Jalan Pelayanan Tingkat Ii Pada Peserta Bpjs Di Rsai Bandung Tahun 2017. Uin Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, 2017.

Saragih, J., Soselisa, P. S., & Selanno, H. (2023). Analisis Sistem Pelayanan Administrasi Dalam Penerimaan Peserta Pasien Bpjs Di Ruang Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Haulussy Ambon. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2490–2499.

Sari, M. S., & Zefri, M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, Dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21(3), 308–315.

Syahputri, R. B., Haryanti, R., & Handayani, S. (2024a). Peran Manajer Dalam Implementasi Fungsi Manajemen Di Unit Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan Rsu Pku Muhammadiyah Prambanan. Motorik Jurnal Ilmu Kesehatan, 19(1), 7–14.

Syahputri, R. B., Haryanti, R., & Handayani, S. (2024b). Peran Manajer Dalam Implementasi Fungsi Manajemen Di Unit Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan Rsu Pku Muhammadiyah Prambanan. Motorik Jurnal Ilmu Kesehatan, 19(1), 7–14.

Taufiq, A. R. (2019). Penerapan Standar Operasional Prosedur (Sop) Dan Akuntabilitas Kinerja Rumah Sakit. Profita: Komunikasi Ilmiah Dan Perpajakan, 12(1), 56–66.

Widjaja, G. (2023). Pelayanan Kesehatan Bagi Pasien Menurut Uu No. 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 2490–2498.

Wulandari, M., Novriyanti, T., Purwadhi, P., & Widjaja, Y. R. (2025). Pengaruh Pengorganisasian Terhadap Efisiensi Pelayanan Pasien Di Rumah Sakit: Studi Kasus Pendekatan Kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(1), 1451–1462.

Wulur, F. G., Fitriyani, I., & Paramarta, V. (2023). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Pada Layanan Kesehatan Rumah Sakit: Literature Review. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 3(2), 187–202.

Published
2025-04-28

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.