DETERMINAN NIAT BEROBAT ULANG
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengkonstruksi model yang menjelaskan niat berobat ulang di rumah sakit secara spesifik yang dimana terdapat empat tujuan yang diharapkan, yaitu menjelaskan pengaruh (1) nilai yang dipersepsikan pada kesukaan pada rumah sakit, (2) nilai yang dipersepsikan pada kepuasan pelanggan, (3) kesukaan pada rumah sakit pada niat berobat ulang, (4) kepuasan pelanggan pada niat berobat ulang. Sampel penelitian ini berjumlah 200 sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan pengujian statistik menggunakan structural equation model (SEM). Hasil pengujian yang diperoleh mengindikasi hubungan yang positif dan signifikan antar variabel dalam empat interaksi hubungan, yaitu: (1) nilai yang dipersepsikan dengan kesukaan pada rumah sakit (CR= 5,805), (2) nilai yang dipersepsikan dengan kepuasan pelanggan (CR= 8,314), (3) kesukaan pada rumah sakit dengan niat berobat ulang (CR= 5,968), (4) kepuasan pelanggan dengan niat berobat ulang (CR= 6,422). Hubungan yang positif dan signifikan antar variabel mengindikasi pengaruh yang positif antar variabel. Sedangkan hubungan yang tidak signifikan mengindikasi bahwa tidak terdapat pengaruh antar variabel. Adapun stimulus pemasaran yang dapat dilakukan adalah (1) mengoptimalkan kepuasan pasien melalui peningkatan kualitas pelayanan, dan (2) mengoptimalkan produk-produk dalam rumah sakit sehingga kecenderungan konsumen dalam berobat ulang dapat meningkat.