GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN PADA PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT AURA SYIFA KEDIRI

  • Yohanes Benny Darmawan STIKES RS Baptis Kediri
  • Aries Wahyuningsih STIKES RS Baptis Kediri
Keywords: Kualitas Pelayanan, Pasien

Abstract

Rumah Sakit merupakan kegiatan pelayanan jasa kesehatan yang didalamnya terdapat unit pelayanan rawat jalan. Sebagai penyedia jasa rumah sakit menyediakan layanan yang berkuailtas sehingga diharapkan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Masalah kualitas pelayanan jasa dan kepuasan pelanggan menjadi faktor yang sangat menentukan mutu rumah sakit sehingga diperlukan sumberdaya, sarana yang dapat menunjang proses pelayanan yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan gambaran kualitas pelayanan pada pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Aura Syifa Kediri. Metode penelitian deskriptif , menggunakan instrument berupa kuesioner Responden penelitian adalah pasien instalasi rawat jalan sebanyak 20 responden. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar kualitas pelayanan pada pasien adalah 11 responden menilai puas (50%) dan 9 responden menilai sangat puas (45%). Kesimpulan gambaran pelayanan pasien di instalasi rawat jalan RS Aura Syifa Kediri dalam kategori puas dan sangat puas. Perlunya pelayanan prima yang berorientasi pada pelanggan sehingga dapat meningkatkan citra rumah sakit.

Published
2024-04-25

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.