SYSTEMATIC REVIEW: PENGARUH KOMPETENSI TENAGA KESEHATAN DAN PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT

  • Adibatu Syarifah Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka
  • Sri Rahayu Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka
Keywords: Kompetensi, Pelayanan, Kepuasan

Abstract

Sistem pelayanan kesehatan yang baik dan efektif merupakan elemen yang sangat penting dalam kemajuan dan peningkatan kualitas suatu pelayanan. Kualitas pelayanan kesehatan harus diperhatikan oleh institusi kesehatan karena memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi tenaga kesehatan dan pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien. Metode yang digunakan peneliti adalah Systematic Review dengan cara mengumpulkan, menyeleksi, dan mengkaji artikel ilmiah sesuai dengan tujuan penelitian. Jumlah artikel dalam penelitian ini yaitu 4 artikel yang terdiri dari jurnal nasional yang sesuai dengan kriteria Inklusi. Hasil pembahasan menjelaskan bahwa kompetensi tenaga kesehatan dan pelayanan kesehatan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien. Kompetensi tenaga kesehatan menjadi penting karena berhubungan langsung dengan pasien, sedangkan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit menunjukan kualitas mutu dari rumah sakit tersebut.

Published
2024-04-25

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.