PENGGUNAAN SISTEM RUJUKAN ONLINE BAGI PESERTA BPJS KESEHATAN DI WILAYAH KOTA KEDIRI

  • Erlin Kurnia STIKES RS Baptis Kediri
Keywords: Sistem Rujukan Online, BPJS Kesehatan, Kepuasan, Pemahaman

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. Peserta BPJS harus mendapatkan rujukan terlebih dahulu jika ingin mendapatkan pelayanan di rumah sakit yang dituju. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan penggunaan sistem rujukan online bagi peserta BPJS Kesehatan di wilayah kota Kediri. Desain penelitian yang digunakan adalah Deskriptif. Populasi penelitian ini adalah peserta BPJS Kesehatan di wilayah kota Kediri sebanyak 160 orang. Variabel penelitian adalah sistem rujukan online BPJS Kesehatan. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar masyarakat kota Kediri tidak menggunakan sistem rujukan online karena tidak dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut yaitu sebanyak 106 responden (66,25%). Responden yang menggunakan sistem rujukan online sudah merasa puas (79,63%) dan paham (85,19%) dengan sistem rujukan online BPJS Kesehatan.

Published
2023-10-30