LITERATUR REVIEW: ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN BPJS DI RUMAH SAKIT

  • Sandy Kurniajati STIKES RS Baptis Kediri
  • Imelda Lintang Utami STIKES RS Baptis Kediri
  • Yesaya Willi Pujawan STIKES RS Baptis Kediri
Keywords: Kepuasan Pasien, BPJS, Rumah Sakit

Abstract

Mutu pelayanan BPJS di rumah sakit dapat di ukur berdasarkan kepuasan pasien dalam memperoleh layanan kesehatan.Kepuasan pasien terhadap layanan BPJS di rumah sakit masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kepuasan pasien terhdap pelayanan BPJS di rumah sakit. Metode penelitian dengan menggunakan Literatur Reviw, Populasi Jurnal sebanyak 10 jurnal dengan kata kunci Kepuasan Pelayanan BPJS, dan Rumah Sakit, Analsis dengan menggunakan PICO. Hasil penelitian didapatkan bahwa 8 jurnal (80%) pasien tidak puas terhadap layanan BPJS di rumah sakit. Dan berdarkan indikator kepuasan dari 4 jurnal yang tidak puas (50%) yang menguraikan indikatornya, semua jurnal (100%) semua indikator tidak puas (Tangible, Reliability, ResponsivenessAssurance, dan Empathy). Kepuasan pasien yang kurang akan berdampak pada mutu pelayanan rumah sakit.

Published
2022-04-22