MUTU PELAYANAN KESEHATAN DAN KEPUASAN PASIEN
Abstract
Penilaian terhadap mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit bersumber dari pengalaman pasien. Pengalaman tersebut dapat diartikan sebagai suatu perlakuan atau tindakan rumah sakit yang sedang atau pernah dijalani, dirasakan, dan ditanggung oleh seseorang yang membutuhkan pelayanan kesehatan rumah sakit. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pada pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Baptis Kediri.Desain penelitian adalah analitik korelasional. Populasi penelitian semua pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Baptis Kediri sebanyak 70 responden, pengambilan data dengan teknik Purposive Sampling. Variabel independen dalam penelitian adalah mutu pelayanan kesehatan, variabel dependen adalah kepuasan pasien. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner untuk mengukur mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji statistik Spearman’s Rho p < 0,05.Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mutu pelayanan kesehatan adalah baik yaitu 59 responden (84,3%), sebagian besar kepuasan pada pasien adalah puas yaitu 57 responden (81,4%). Hasil uji statistik Spearman’s Rho didapatkan hasil p = 0,447 dimana p > α. Kesimpulan dalam penelitian ini tidak ada pengaruh antara mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pada pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Baptis Kediri.