PERILAKU MENGGOSOK GIGI YANG BENAR PADA ANAK USIA PRASEKOLAH
Abstract
Salah satu faktor penyebab gigi berlubang adalah cara menggosok gigi yang belum benar. Bagi anak prasekolah sangat penting untuk senantiasa menjaga gigi dan merawatnya agar gigi tetap sehat. Kurang tepat melakukan perawatan sering menimbulkan kerusakan pada gigi misalnya gigi berlubang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan cara menggosok gigi yang benar pada anak usia prasekolah di Taman Kanak-kanak Setia Bakti Kota Kediri. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Populasi penelitian adalah anak prasekolah di Taman Kanak-kanak Setia Bakti Kota Kediri yang berjumlah 35 responden menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah cara menggosok gigi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi (checklist). Data dikumpulkan melalui observasi dan diolah menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini didapatkan cara menggosok gigi r dalam kategori kurang (51,4%), menggosok gigi dalam kategori cukup (40,0%) dan menggosok gigi dalam kategori baik (8,6%). Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan lebih dari 50% dalam kategori kurang dalam cara menggosok gigi yang benar pada anak prasekolah di Taman Kanak-kanak Setia Bakti Kota Kediri.