DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA PADA ANAK RETARDASI MENTAL SEDANG

  • Tri Sulistyarini
  • Yudha Saputra

Abstract

ntelegensi yang rendah menyebabkan ketidakmampuan anak untuk belajar dan beradaptasi terhadap tuntutan masyarakat atas kemampuan yang dianggap normal. Faktor agar anak bisa beradaptasi adalah dengan melibatkan keluarga, dalam hal ini adalah dukungan sosial keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran dukungan sosial keluarga pada anak retardasi mental sedang. Desain penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini keluarga yang merawat anak retardasi mental di Sekolah Luar Biasa Tunagrahita (C1) Putera Asih Kota Kediri dengan subjek keluarga yang merawat anak retardasi mental sedang sebanyak 35 orang. Variabel penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu dukungan sosial keluarga dengan alat ukur lembar wawancara terstruktur dan disajikan menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian didapatkan dukungan informasional baik sebanyak 26 responden (74,2%), dukungan emosional baik sebanyak 20 responden (57,1%), dukungan instrumental sedang sebanyak 18 responden (28,5%) dan dukungan penilaian sedang sebanyak 15 responden (42,9%). Kesimpulan keluarga belum maksimal dalam memberikan dukungan sosial keluarga pada anak retardasi mental sedang.
Published
2015-12-10
Section
Penelitian