POLA ASUH OTORITATIF ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA SEKOLAH

  • Vitaria Wahyu Astuti
  • Vivi Untari

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan interaksi antara orang tua dengan anaknya selama mengadakan pengasuhan, dan setiap pola asuh memberi kontribusi dapat negatif maupun positif. Pola asuh orang tua dapat menentukan perkembangan kognitif anak, hal ini dilihat dari penurunan nilai belajar pada anak. Tujuan dari penelitian ini untuk Mengetahui pola asuh otoritatif orang tua dalam perkembangan kognitif anak usia sekolah. Desain Penelitian ini menggunakan Deskriptif, sedangkan populasi adalah semua anak usia sekolah kelas 1 di Sekolah Dasar Pawyatan Daha 2 Kota Kediri dengan subjek 33 anak menggunakan Quota Sampling. Pengambilan data dengan kuesioner dan observasi laporan hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan Distribusi Frekuensi. Hasil penelitian pola asuh orang otoritatif dalam perkembangan kognitif anak baik (72,7%). Disimpulkan bahwa Orang tua dalam mendidik anak dengan Pola Asuh otoritatif dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak yaitu perkembangan kognitif cukup sampai dengan sangat baik.

Published
2016-09-13
Section
Penelitian