POLA ASUH ORANG TUA MENDUKUNG PERKEMBANGAN FISIK DAN EMOSI PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH

  • Maria Anita Yusiana
  • Septilina Maria Glorioani

Abstract

Perkembangan merupakan perubahan-perubahan psiko-fisik sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi psikis dan fisik anak, ditunjang oleh faktor lingkungan dan proses belajar dalam fase waktu tertentu menuju kedewasaan. Pola asuh orang tua yang dapat mempengaruhi perkembangan anak yaitu pola asuh Authoritarian, Permissive, Authoritative. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan fisik dan emosi pada anak usia pra-sekolah di TK Baptis Setia Bakti Kediri. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian Corelasional. Populasinya adalah anak prasekolah 4-5 tahun beserta orang tuanya, dengan subyek  sebesar 40 responden. Pengambilan data menggunakan tehnik Porposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Analisa menggunakan uji statistik Spearman’s Rho, α = 0,05. Hasil menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan fisik anak serta pola asuh orang tua dengn perkembangan emosi.. Kesimpulan pola asuh orang tua mendukung perkembangan fisik dan perkembangan emosi anak usia pra-sekolah.
Published
2015-07-01
Section
Penelitian