IMPLEMENTASI KOMUNIKASI EFEKTIF PETUGAS PENDAFTARAN PASIEN DI RUMAH SAKIT BAPTIS KEDIRI
Abstract
Komunikasi Efektif merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Komunikasi Efektif yang rendah akan berdampak terhadap jumlah kunjungan dirumah sakit, sedangkan sikap petugas terhadap pasien dan fasilitas yang diberikan oleh pihak rumah sakit akan mempengaruhi mutu pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah Mempelajari Implementasi Komunikasi Efektif Petugas Pendaftaran Pasien Di Rumah Sakit Baptis Kediri, Desain penelitian adalah menggunakan metode deskriptif Pengambilan data mengunakan Purposive Sampling, populasi penelitian ini Semua pasien rawat jalan di Rumah Sakit Baptis, jumlah sampel 30 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Komunikasi Efektif pada pelayanan pendaftaran lebih dari 50%adalah baik yaitu sebanyak 21 responden (70%) dan cukup sebanyak 9 responden (30%) Kesimpulan hasil penelitian Implementasi Komunikasi Efektif pada pelayanan pendaftaran di TPPRJ di Rumah Sakit Baptis lebih dari 50% adalah baik tetapi juga masih ada yang cukup, Penyebab penyampaian informasi kurang jelas petugas saat melakukan pendaftaran dapat dikarenakan di dalam ruangan pendaftaran banyak pasien yang sedang mengantri dan mengobrol antar pasien sehingga pasien atau keluarga yang menerima informasi tidak mendengar dengan jelas, sehingga dapat berpengaruh terhadap pelaksanaan komunikasi efektif yang dilakukan petugas pendaftaran.